Ciblek

Diposkan oleh bla bla bla xcult


Ciblek atau sering disebut juga dengan prenjak adalah jenis burung kicauan dari suku Cisticolidae. Yang mana dalam bahasa Inggrisnya juga disebut winged prinia karena adanya dua garis putih pada setiap sayapnya. Sedangkan nama ilmiahnya disebut sebagai Prinia familiaris horsfield , dengan panjang berkisar 13 cm dan hampir seluruh sisi atas badan berwarna coklat hijau zaitun.
Tenggorokan dan dada putih diselingi warna kekuningan sekitar perut sampai sekitar dubur dengan variasi ekor yang berwarna hitam dan putih.Dengan paruh panjang dan runcing kombinasi warna kehitaman bagian atas dan kekuningan bagian bawah serta kaki langsing yang berwarna coklat kemerahan. Burung dengan tipikal suara ramai dan lincah ini sangat gampang sekali kita temukan dialam terbuka karena populasinya yang memang masih lumayan banyak.
Dialam bebas biasanya ciblek akan memangsa berbagai jenis serangga ataupun ulat, dengan daerah buruannya dari permukaan tanah sampai tajuk pepohonan.
Ciblek merupakan jenis burung endemic yang penyebarannya secara terbatas meliputi wilayah Sumatra,Jawa dan Bali. Sifatnya yang mudah beradaptasi dan tidak takut pada kehidupan manusia menyebabkan populasi burung tersebut cukup tinggi pada bagian wilayah yang sesuai.
Dan seiring perkembangan minat para kicaumania, akhirnya ciblek juga menjadi salah satu idola yang banyak diminati oleh para kicaumania.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...