Nuri Kepala Merah

Diposkan oleh bla bla bla xcult


Burung Nuri merupakan jenis burung yang paling cemerlang warna bulunya di antara anggota kelompok burung betet. Warna-warna bulu yang dimiliki seperti merah, biru, kuning dan hijau, serta hitam sangat mencolok. Mempunyai panjang tubuh 30-50 cm. Matanya berwarna kuning, paruh kuning kecoklatan. 

Ciri spesifik warana bulu di bagian kepala atas berwarna hitam. Pada ujung lidahnya terdapat organ mirip benang-benang halus dan pendek yang berfungsi untuk membantu memakan biji-bijian dan mendapatkan serbuk sari. 

Perilaku : Di habitat aslinya, jenis burung ini hidup berkelompok, baik sedang bertengger, terbang, dan mencari pakan. Tempat bertengger lebih menyukai di tajuk pohon pada bagian luar yang terbuka. Suara gaduk akan dikeluarkan, baik sedang terbang maupun sedang bertengger, kecuali sedang makan.

Reproduksi: Burung Nuri betina bertelur 3-4 butir, diletakkan di dalam sarang, telur dierami secara bergantian antara induk jantan dan induk betina. 

Nama Indonesia: Nuri kepala Hitam
Common Name : Black Caped Lory
Nama Latin : Lorius lory
Klasifikasi : Ordo Psittaciformes, Familia Psittacidae 

Pakan: Jenis-jenis pakan yang disukai burung ini berupa buah-buahan, biji-bijian, bunga, serbuk sari, madu, serangga dan larva serangga.
Habitat: Hutan tropika, berpohon-pohon, savana. Tersebar di Maluku dan Papua.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...