Figaro - Kakatua Putih Cerdas

Diposkan oleh bla bla bla xcult

Figaro - Kakatua Putih Cerdas

http://www.wowkeren.com/images/news/00027474.jpg

Seekor burung kakatua berhasil membuat para ilmuwan terkejut karena kepintarannya. Pasalnya, Figaro ,si burung kakatua putih menciptakan sendiri alat untuk mendapatkan makanan yang berada di luar kandangnya. Selama ini kakatua tidak pernah menggunakan alat untuk mendapatkan makanan saat berada di alam liar.


Kakaktua yang hidup di penangkaran hewan Austria itu direkam ketika sibuk meraih kacang di sisi luar kandangnya. Peneliti menguji dengan meletakkan kacang di posisi dekat jeruji namun jauh dari jangkauan paruh. Karena gagal, Figaro kemudian mencari kayu yang ternyata ia gunakan sebagai tongkat untuk meraih kacang tersebut.

"Kami sangat terkejut karena dia tidak mencari tongkat jadi melainkan mengigit kayu. Ia memotongnya sesuai ukuran dan membentuknya agar bisa digunakan memancing kacang," ucap peneliti Alice Auersperg dari Universitas Vienna. "Sudah cukup mengejutkan melihat burung memakai alat, apalagi jika dia membuatnya sendiri seperti ini."

Tak berhenti di situ, Figaro selalu menemukan cara baru setiap kali peneliti menempatkan kacang di luar kandang. Para peneliti mengatakan kemampuan Figaro tersebut membutuhkan tingkat kecerdasan tinggi karena melibatkan imajinasi dan penyelesaian masalah. Namun hingga kini mereka tidak tahu bagaimana kemampuan itu didapat.

"Setelah membuat dan menggunakan alat pertama, Figaro tampaknya tahu persis apa yang akan dilakukan selanjutnya. Ia tidak ragu-ragu dalam melakukan percobaan selanjutnya," tambah Alex Kacelnik, peneliti dari Universitas Oxford. "Figaro menunjukkan pada kita bahwa meski tidak terbiasa menggunakan alat tapi jika penasaran, memiliki kemampuan otak besar dan bisa menemukan solusi maka dapat membuat alat untuk memenuhi keinginannya." (wk/mr)


Read more: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00027474.html#ixzz2BRMU38L6
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...